Senin, 20 Desember 2010

Mengatasi anak yang bandel di sekolah

Terkadang kita kesulitan menangani anak didik kita yang nakal di tempat pendidikan. mereka selalu membuat ulah di tempat belajar, baik sekolah, tempat les,tempat ngaji, dan lainnya. hal ini sampai menyebabkan si pendidik capek dan enggan untuk menasehatinya lagi.

Untuk menangani masalah tersebut kita harus tahu sumber masalahnya tidak mungkin ada asapkalu tidak ada apinya.begitupula si anak, mereka tidak akan berulah apabila tidak ada penyebabnya.

Penyebab inilah nantinya yang menjadi pr masing masing guru. Karena setiap tempat sangat berbeda akar masalahnya,akan tetapi dapat di tarik benang merah diantara beraneka ragam sumber masalahnya tersebut.

Munculnya anak nakal biasanya di sebabkan banyakberbaga hal diantaranya: suasana kelas yang tidak nyaman baginya, aturan yang mengekang, teman belajar yang kurang berkenan di hati mereka dan suasana hati mereka.

Suasana kelas yang tidak nyaman harus kita benahi,kita perbaiki fasilitasnya, kita rubah warna catnya agar sesuai dengan keinginan sebagian besar anak. Membuat variasi tempat duduk juga mempengaruhi suasana belajar anak agar tetap betah dikelas.

Aturan yang berlebihan dan mengekang terhadap aktivitas anak juga dapat membuat anak menjadi liar di sekolah. Makahal ini harus kita hadapi dengan mengajak mereka untuk berdiskusi dalam membuat aturan di kelas. setelah itu,kita praktekkan bersama dikelas. dengan ini mereka kan merasa bersalah apabila melanggar aturan karena yang membuat adalah mereka sendiri.

Adanya teman yang kurang asik bagi anak juga dapat menyebabkan membeandelnya anak didik kita. Teman disini adalah teman sekelas dan juga guru yang berfungsi sebagai pengajarnya. Teman belajar yang kurang menarik dapat menyebabkan kebosanan anak sehingga mereka cenderung berbuat ulah di kelasnya. hal ini dapat kita selesaikan dengan mengajarkan kebersamaan diantara teman belajar dan menjadikan guru sebagi sosok guru yang menarik sehingga bisa dijadikan teladan bagi siswa.

Selain itu mood atau suasana hati sianak juga dapat menyebabkan ruwetnya suasana kelas apabila badmood menyerang mereka. hal ini dapat kita selesaikan dengan mengajarkan mereka kedisiplian dalam kelas walaupun kondisi mereka dalamkeadaan malas ataupun sedih.

dengan berbagai solusi tersebut semoga kita dapat menjadikan anak didik kita sebagi individu yang berkualitas. serta bisa bermanfaat bagi agamadan kemanusiaan pada umumnya. salam sukses!!!!!!!!!!1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar